Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Kamis, 27 Mei 2010

sistem komputer

  1. Latar belakang

Komputer merupakan teknologi yang menjadi primadona dari manusia saat ini untuk membantu memudahkan pekerjaan dan kegiatan kegiatanya,mulai dari pekerjaan kantor, menggambar dll, sehingga manusia saling berlomba lomba untuk menciptakan kreasi-kreasi di bidang hardware maupun software

Tetapi kadangkala kita selaku pengguna dari komputer tersebut tidaklah mengetahui seperti apa sisitem dari komputer tersebut bagaimana cara kerjanya dan bagaimana prosesnya Maka kami disini akan membahas bagaimana system dan cara kerja dari suatu komputer sehingga kita mengetahui dan memahami bagaimana system dari komputer tersebut


  1. Pembahasan

  • Komputer

istilah computer dari bahasa latin yaitu computer yang artinya menghitung (to compute atau to reckon)

  • Blissmer (1985)

suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  • Sanders (1985)

komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.


  1. Komponen Sistem Komputer

Sebelum memahami apa itu sistem operasi marilah kita lihat komponen-komponen sistem komputer. Menurut EDPS (Electronic Data Processing System) komponen sistem operasi dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu hardware/peripheral, software dan brainware/user.

Hardware atau peripheral adalah penyedia sumber daya untuk komputasi. Hardware merupakan benda yang konkret, dapat dilihat dan disentuh.

Software adalah sarana yang memberitahukan hardware apa yang harus dikerjakannya. Berbeda dengan hardware, software adalah sesuatu yang abstrak. Ia hanya dapat dilihat dari apa yang dilakukannya terhadap hardware. Software dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu sistem operasi dan program aplikasi. Sistem Operasi adalah software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Sementara program aplikasi, adalah Software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user.

Dan yang terakhir, brainware/user adalah pengguna komputer. Ia bisa berupa manusia, mesin lain, atau komputer lain.


  1. UNIT FUNGSIONAL

Suatu komputer terdiri dari 5 bagian utama yang mandiri secara fungsional:unit input,memori,aritmatika dan logika,output dan control sebagaimana gambar berikut

Gambar d-2 Struktur sistem kOmputer

  • Komputer menerima informasi dalam bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpan di memori

  • Informasi yang disimpan dalam memori di ambil,dibawah kontrol program,ke unit aritmatiakadan logika dimana operasi tersebut di proses.

  • Informasi terperosesmeninggalakan komputer dengan unit output

  • Semua kegiatan tersebut dilakukan oleh kontrol unit


Unit input menrima informasio terkodedari operator manusia,dari peralatan mekanik seperti keyboard,atau dari komputer lain melalui jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima disimpan dalam memori komputer untuk referensi selanjutnya ,atau segera digunakan oleh sirkuit aritmatika dan logika untuk operasi yang diinginkan. Langkah pengolahan ditentukan oleh preprogram yang tersimpan dalam memori . Akhirnya hasil dikirim kembali ke dunia luar melalui unit output.semua langkah ini di koordinasikan oleh control unit, pada gambar di atas kita mengacu pada sirkuit logika dan aritmatika ,dalam hubungannya dengan sirkuit control utama , yaitu prosesor ndan perlatan input/output atau I/O

  1. OPERASI SISTEM KOMPUTER

Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.

GAMBAR 1.1

Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .

Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device .

Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset .

Gambar 1-13. Arsitektur PC Modern

Keterangan:

GPU = Graphics Processing Unit; AGP = Accelerated Graphics Port; HDD = Hard Disk Drive; FDD = Floppy Disk Drive; FSB = Front Side Bus; USB = Universal Serial Bus; PCI = Peripheral Component Interconnect; RTC = Real Time Clock; PATA = Pararel Advanced Technology Attachment; SATA = Serial Advanced Technology Attachment; ISA = Industry Standard Architecture; IDE = Intelligent Drive Electronics/Integrated Drive Electronics; MCA = Micro Channel Architecture; PS/2 =Sebuah port yang dibangun IBM untuk menghubungkan mouse ke PC;



  1. I/O

mengakses i/o

Pengaturan sederhana untuk mengakses i/o ke suatu komputer dengan menggunakan pengaturan bus tunggal sebagaiman di tampilkan pada gambar berikut

Bus tersebut memungkinkan semua perangkat yang dihubungkan padanya mempertukarkan informasinya biasanya terdiri dari 3 set jalur yang digunakan untuk membawa alamat data dan sinyal control, tiap i/o mempunyai set lamta yang unik. Pada prosesor suatu alamat diletakkan pada jalur alamat,perangkat yang menngenal alat tersebut merespon perintah yang dinyatakan pada jalur kendali. Dan prosesor meminta operasi baca tulis serta data yang dipinta ditransfer melalui jalur data

Pada saat I/O dan memori berbagi ruang alamat yang sama pengaturan tersebut disebut memory mapped, Dengan memory mapped ,tiap instruksi mesin yanga dapat mengaklses memory dapat dapat digunakan untuk mentransfer data darai perangkat io









Penetapan big-edian

Penetapan litle-edian

Nama big edian dipakai jika byte rendah digunakan untuk more significan byte(byte paling kiri)dari word tersebut .nama little edian digunakanuntuk pengaturan sebalikanya yaitu alamat byte rendah dipakai untuk less significant byte (byte paling kanan)dari word tersebutkata more signivicant dan less significantdigunakan dalam kaitanya denganwight(pangkat 2)yang di tetapkan di bit pada saat word tersebut menyatakan suatu bilangan,penerpan big edian dan little edian digunakan dalam mesin komersial


  1. Memory

G.1 konsep dasar

Ukuran memory ditentukan oleh skema pengalamatan.contoh komputer 16 bit yang menghasilkan alamata 16 bit mampu melakukan pengalmatan hingga 64 k=2^16 loaksi memory

G.2 operasi memory

Instruksi program dan operand data disimpan dalam memory ,untik mengeksekusi suatu instruksi ,sirkuit konttrol prosesor harus mengisikan instruksi tersbut kedalam word untk di transfer ke prosesoroperand hasil dipindahkan antara memrori dan prosesrosehingga diperlukan 2 operasi dasar yang melibatkan operasi tersebut yaitu load(read atau fetch) dan store(write)

  • Operasi load mentransfer isi salinaan lokasi tertentu ke prosesor ,untuk memulai operasiload prosesor mengirimkan alamat lokasi yang diinginkan ke memori dan meminta agar isi trsebbt dibaca. Memori membaca data yang disimpan pada alamat tersebut dan mengirimkannya pada perosesor

  • Operasi store item informasi diteransfer ke lokasi memori tertentu mengahapus isi sebelumnya yang ada dalam lokasi tersebut,proseor mengirim alamat lokasi yang diinginkanya ke memori, Berasam dengan data yang dituliskan pada lokasi tersebut


  1. ALU (ARITHMETIK LOGIC UNIT)

sekumpulan dari beberapa rangkaian yang membentuk operasi aritmatika dan logika.

Kebanyaka operasi komputer dieksekusi dalam unit aritmatika dan logika (ALU: Arithmetik Logic Unit) contoh:misal 2 buah bilangan yang berada dalam memori ditambahkan , bilangan tersebut di bawa ke dalam prosesor , Dan penambahan sesungguhnya terdapat dalam ALU.jumlah tersebut disimpan dalam memori ataua tetap dalam prosesor untuk segera di gunakan

Tidak ada komentar: